Memilih CCTV sesuai kebutuhan [bagian 1| Kamera]

Membahas CCTV, akan sangat panjang dan detail, mulai dari pemilihan perangkat keras (hardware), software, peralatan pendukung, instalasi, dan perhitungan-pehitungan berhubungan dengan perekaman dan lainnya

Secara sederhana, satu paket CCTV, terdiri dari
Unit utama
– kamera
– adaptor kamera
– kabel
– connector
– unit perekam (DVR/NVR)
– media perekam (harddisk)
Tambahan
– layar monitor
– software pendukung

Asumsi diatas berlaku jika CCTV hanya berjalan di lokal saja, dengan titik pengamatan terpusat

Sekarang, mari dibahas satu per satu

Kamera

Berikut ini adalah beberapa standar kualitas atau resolusi pada gambar cctv, hanya sekedar untuk perbandingan  saja yang pasti tujuannya guna memberikan tips serta trik dalam menentukan kamera cctv:

1/4″ CMOS/CCD Standard Image Quality – 380-420 TVL
1/3″ CMOS/CCD – High Image Quality – 480-520 TVL
1/3″ CMOS/CCD – Very High Image Quality – 540-600 TVL
1/3″ CMOS/CCD – Ultra High Image Quality – 650-700 TVL

Semakin tinggi TVL bertanda kian bagus serta tajam gambar yang dihasilkan melalui camera tersebut. Kualitas serta resolusi gambar dalam Kamera cctv  jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan resolusi dalam alat rekam/DVR, dan kelaknya hasil rekam dari kamera cctv akan menyelusuri kualitas ataupun resolusi dari alat rekam maupun DVR tersebut, terkadang ada beberapa kamera cctv tidak tercantum besaran TVL dalam manualnya, dan hanya tercantum TVL Standardnya saja.

Merek Kamera CCTV
Berikut beberapa merk CCTV yang perlu anda ketahui
– HONEYWELL SECURITY, bertempat di amerika serikat, jenis produksi : Multiple
– BOSCH SECURITY SYSTEMS, bertempat di Germany, jenis produksi Multiple
– HIKVISION DIGITAL TECHNOLOGY, bertempat di China, jenis produksi, Video Surveillance ( CCTV System)
– SAFRAN (Security Products Only) bertempat di France, jenis produk Access Control
– DAHUA TECHNOLOGY, Bertempat di China, jenis produk Video Surveillance
– AXIS COMMUNICATIONS Sweden Video Surveillance
– SAMSUNG TECHWIN Korea Multiple
– VIVOTEK Taiwan Video Surveillance
– AVTECH Taiwan Video Surveillance
– GEOVISION Taiwan Video Surveillance
– HI SHARP ELECTRONICS Taiwan Video Surveillance

Hasil resolusi gambar ataupun video dari Kamera cctv dengan kualitas 1/4″ CMOS/CCD lebih rendah jika dibandingkan dengan kamera cctv dengan kualitas 1/3″ CMOS/CCD, karena kamera cctv dengan kualitas 1/3″ CMOS/CCD mempunyai bidang yg lebih besar dari kamera cctv dengan kualitas 1/4″ CMOS/CCD, sehingga mendapatkan gambar yang lebih bagus serta tajam, namun sudah pasti harga kamera cctv dengan kualitas 1/4″ CMOS/CCD lebih mahal, dan ini termasuk salah satu yang menjadikannya lebih berarti dibanding hanya sekedar TVL saja, sebab jika chipset kamera CMOS/CCD yang dipakai ialah 1/3″ CMOS/CCD, bisa dipastikan kamera tersebut ber TVL lebih tinggi.

Sejalannya waktu, kian lama kian sulit untuk membedakan maupun membandingkan kamera cctv jenis mana yang lebih bagus, disebabkan pertumbuhan pada kedua chipset CMOS dan CCD tersebut kian lama kian berkembang serta bersaing keras dalam mutu gambar dan video yang akan dihasilkan, beberapa vendor malah tidak lagi memberitahukan rincian besaran TVL dan hanya memberikan keterangan berupa High Resolution camera ataupun Super High Resolution cameranya saja, serta telah hadirnya chipset CMOS yang melebihi kualitas dari CCD.

Pastikan dalam pemakaian kamera CCTV pada bagian luar ruangan ataupun outdoor serta pemakaian pada bagian dalam ruangan atau indoor.

Penting  untuk diperhatikan juga peletakan dan fungsi kamera cctv dalam memilih kamera cctv yaitu , apakah cctv tersebut akan digunakan pada bagian dalam ruangan atau pada bagian luar ruangan.

Kamera CCTV Outdoor
Jika Kamera cctv tersebut dipakai pada bagian luar ruangan, maka pilih kamera CCTV yang khusus. Bedanya kamera cctv outdoor dengan kamera kamera cctv indoor adalah kamera outdoor lebih bisa mereduksi cahaya matahari serta jumlah LED infrared yang digunakan pada umumnya lebih banyak dibandingkan dengan kamera cctv berjenis indoor. Semua kamera cctv outdoor yang tersedia sudah weatherproof (IP66 / IP67) serta dilengkapi Pelindung untuk menahan sinar matahari ataupun air hujan atau pelindung tersebut biasa disebut dengan sebutan topi kamera, anda pun tidak mesti membeli housing lagi.

Kamera CCTV Indoor
Jika Kamera cctv tersebut dipakai pada bagian dalam ruangan, pilihannya begitu banyak, sebagian besar kamera yang tersedia dipakai untuk bagian dalam ruangan. Bentuk kamera cctv yang akan dipasang pada bagian dalam ruangan harus disesuaikan dengan apa yang anda inginkan dan penempatannya, entah itu akan dipasang pada plafon, tembok ataupun pada dinding, disembunyikan ataupun tersamar dengan produk lain .

Kamera CCTV Indoor pun ada yang dilengkapi dengan infrared. Infrared tersebut berguna untuk memantau dalam keadaan gelap, akan tetapi jika ruang atau area yang dipantau lumayan terang, anda cukup memilih kamera yang non infrared saja. Semakin berkembangnya teknologi, semua kamera jenis indoor sudah dilengkapi dengan infrared, dan sudah dilengkapi teknologi ICR(IR CUT Filter) dalam artian jika keadaan gelap atau sama sekali tidak ada cahaya, kamera cctv yang dilengkapi teknologi ICR tersebut otomatis akan merubah warna gambar dan video yang dihasilkan berwarna hitam putih terang.

Dome camera
Kamera jenis ini khusus untuk dipasang pada plafon ataupun langit-langit dan tidak dapat disatukan dengan rotator, disebabkan tidak terdapat dudukan untuk rotator CCTV tersebut, jika ingin memasang kamera cctv berjenis Dome serta dapat berputar pilihlah Pan Tilt Dome Camera CCTV.

BOX camera
Kamera cctv jenis ini mempunyai kelebihan pada bagian lensa yang bisa diganti serta disesuaikan dengan kebutuhan, tersedia pula beberapa opsi size lensa yang dijual secara terpisah. Semakin kecil size lensa tersebut semakin lebar pula view anglenya, dan semakin besar size milimeternya semakin sempit pula view anglenya.

Garansi produk camera yang diberikan
Tips memilih kamera cctv yang terakhir yaitu garansi. Jangan lupa untuk melihat garansi prduk pada kamera cctv tersebut, kebanyakan vendor-vendor cctv maupun distributor cctv dalam garansi produk hanya memberikan garansi 1 sampai 2 tahun saja, apabila anad membeli cctv dengan garansi lebih dari 2 tahun, anda perlu mempertanyakan kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *